Kamis, 05 Maret 2015

Uji Coba Mobil Supersonik akan Dilakukan Bulan Agustus di Afrika Selatan

TEMPO.COInggris - Mobil tercepat di dunia, Bloodhound, akan diuji coba di landasan bandara di Northern Cape, Afrika Selatan, pada Agustus 2015. Kendaraan darat ini didesain dengan kecepatan 1.000 mph atau sekitar 1.610 kilometer per jam. Jika rencana berjalan dengan baik, Bloodhound akan melampaui rekor kecepatan kendaraan darat dunia saat ini, 1.228 km per jam. Namun untuk percobaan nanti baru dengan kecepatan rendah.
Mobil akan dikendarai oleh Andy Green, pilot pesawat tempur Royal Air Force Inggris. Pekan ini, tim baru saja menguji hidung kerucut—terbuat dari titanium—kendaraan Bloodhound di pusat desain di Bristol, barat Inggris. Kendaraan ini bentuknya mirip pesawat terbang dengan hidung lancip. Perakitan kendaraan yang dipimpin Richard Noble itu melibatkan ahli dari berbagai perusahaan teknologi tinggi di Inggris dan menggunakan teknologi terbaru. Setidaknya proyek ini memiliki 700 komponen unik untuk kebutuhan perakitan kendaraan supercepat di pusat teknis Avonmouth setiap hari.

Bloodhound dibuat oleh perusahaan swasta, tapi didukung pemerintah Inggris. Pada 2010, replika mobil ini pertama kali dipertontonkan dalam Farnborough International Airshow di Inggris. Mobil ini memiliki panjang 13,4 meter, tinggi 3 meter, dan berat 7.786 kilogram. Bloodhound menggunakan mesin jet EJ200, meminjam dari pesawat tempur Eurofigther Typhoon, dan roket Falcon 400 kg hibrida yang akan ditempatkan di bawah unit.

Dikutip dari: Tempo.co/tekno

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan